4 Rekomendasi Kamera Terbaik untuk fotografi dan video( Budget Pelajar )

Apakah Anda ingin terjun ke dunia fotografi dan video? Memilih kamera yang tepat merupakan langkah awal yang penting dalam mendalami dunia fotografi. Berikut empat rekomendasi kamera terbaik untuk pemula yang sesuai dengan anggaran siswa.


1.Kanon 600D

Jika Anda seorang fotografer pemula pasti sudah tidak asing lagi dengan kamera yang satu ini yaitu Canon Eos 600D. Kameranya dibekali sensor APS-C 18 megapiksel dan memiliki 9 titik autofokus untuk menangkap objek bergerak dengan cepat. Keunggulan lain dari kamera ini adalah layarnya yang bisa diputar dan mampu merekam hingga resolusi Full HD 1080P 30FPS. Terlepas dari kelebihannya, kamera ini juga memiliki sejumlah kekurangan, antara lain daya tahan baterai Canon 600D yang terbatas serta bodinya yang besar dan berat sehingga membuat tangan cepat lelah saat berpergian. Kamera ini berharga sekitar 2-3 juta termasuk lensa kit bawaan. Harga tersebut sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar atau terjun ke dunia fotografi atau videografi.

2.Kanon 4000D


Spesifikasi kamera ini mirip dengan Canon Eos 600D. Namun kamera ini memiliki satu kelebihan yang tidak terdapat pada kamera Canon 600D. Tersedia koneksi Wi-Fi langsung yang sangat berguna untuk mentransfer gambar dan menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai remote control. Terlepas dari kelebihannya, kamera ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti kurangnya stabilisasi gambar dan bodi kamera yang masih menggunakan bahan plastik. Harga kamera ini di pasaran berkisar 3-4 juta rupiah saat masih baru. Harga tersebut sungguh worth it dibandingkan dengan fitur yang ditawarkan kamera ini.

3.Nikon D5600

Rekomendasi ini datang dari merek Nikon. Merek Nikon dikenal menghasilkan gambar dengan warna kulit yang sangat detail. Dilengkapi dengan resolusi 24,2 juta piksel dan 39 titik fokus, mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan fokus cepat. Layar sentuh dan layar yang dapat diputar juga merupakan fitur hebat dari kamera ini. Apalagi fitur konektivitas Wi-Fi juga menambah nilai jual kamera ini. Dengan banderol harga sekitar $6 hingga $8 juta, memang menguras dompet Anda, namun fitur-fiturnya membuat kamera ini layak untuk dimiliki.

4.Sony a6000


Rekomendasi ini datang dari pasar mirrorless. Dilengkapi dengan sensor APSC 24,3 megapiksel dan memiliki 179 titik fokus, memberikan rentang gambar luas dengan fokus cepat. Kemampuan merekam pada resolusi hingga 1080p 60fps menjadi salah satu alasan mengapa kamera ini sangat cocok untuk merekam video. Layarnya bisa dilipat, ada WiFi dan kamera ini sangat lengkap di kelasnya. Satu-satunya kekurangan dari kamera ini adalah suka overheat atau kepanasan saat digunakan di luar ruangan dan merekam video lebih dari 20 menit. Harga bekasnya memang agak mahal yaitu 5 hingga 7 juta won, namun jika melihat fitur yang dimiliki kamera ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali untuk membelinya.


Intinya, jika Anda hanya ingin belajar fotografi, Anda bisa memilih kamera 1 hingga 3, namun jika Anda ingin terjun ke dunia video, Anda juga bisa memilih kamera 4. Saya harap artikel ini akan menjadi kesempatan baik bagi orang-orang tersebut.

Tinggalkan Balasan